Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia - Hallo sahabat semutireng, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel biologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia
link : Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Baca juga


Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA 


Pencernaan manusia dibedakan menjadi dua macam yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi . Pencernaan mekanik adalah mengubah makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk halus . Pencernaan kimiawi adalah mengubah zat makanan menjadi zat - zat yang lebih sederhana dengan bantuan enzim . 

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari :
a. Mulut
Langkah pertama proses pencernaan manusia adalah memasukkan makanan ke dalam rongga mulut , di dalam rongga mulut terdapat : 
  1. Lidah berfungsi mengecap rasa makanan , membantu dalam menekan makanan , dan mengatur serta mengaduk makanan . 
  2. Kelenjar ludah berfungsi sebagai penghasil air liur dan di dalam air liur mengandung enzim ptialin ( amilase ) yang berfungsi untuk mengubah amilum menjadi glukosa 
  3. Gigi merupakan alat pencernaan secara mekanik . Yang mengubah makanan menjadi lebih halus sehingga mudah untuk ditelan dan memudahkan proses pencernaan selanjutnya , gigi dibedakan menjadi tiga jenis , yaitu gigi seri , gigi taring , dan gigi geraham . 
b. Kerongkongan 
Kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung . Makanan berjalan melalui kerongkongan dengan menggunakan proses peristaltik . 

\Fungsi kerongkongan : 
  1. Menghasilkan gerak peristaltik .
  2. Menyalurkan makanan dari mulut ke lambung .
  3. Mencegah laju isi dan cairan lambung . 
c. Lambung 
Dinding lambung menghasilkan getah lambung yang menghasilkan  asam lambung / asam klorida ( HCL ) yang berfungsi mengasamkan makanan , pepsin yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton , dan renin yang berfungsi mengendapkan protein susu ( kasein ) . 

d. Usus Halus 
Bermuara di kelenjar pankreas dan kelenjar hati . 
  1. Kelenjar pankreas 
Kelenjar pankreas menghasilkan 3 macam enzim , yaitu sebagai berikut : 
a. Tripsin berfungsi merombak protein menjadi asam amino . 
b. Amilase berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa . 
c. Lipase berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol . 

      2. Kelenjar Hati 

Kelenjar hati mengalirkan cairan empedu yang berfungsi untuk mengemulsikan lemak . 

e. Usus Besar 
Usus besar berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan dan di dalam usus besar terjadi proses pembusukan yang dibantu oleh escherishia coli sehingga sisa makanan menjadi tinja ( feses ) . 



Demikianlah Artikel Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sekianlah artikel Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia dengan alamat link https://copiex.blogspot.com/2017/02/sistem-pencernaan-makanan-pada-manusia.html

0 Response to "Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia "

Posting Komentar