Adaptasi Makhluk Hidup

Adaptasi Makhluk Hidup - Hallo sahabat semutireng, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Adaptasi Makhluk Hidup , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel biologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Adaptasi Makhluk Hidup
link : Adaptasi Makhluk Hidup

Baca juga


Adaptasi Makhluk Hidup

ADAPTASI 

Adaptasi adalah kemampuan organisme untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya . Tujuan adaptasi adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya agar kelestarian terjamin . Adapun faktor yang mempengaruhi adaptasi ialah air , suhu , kelembaban udara dan intensitas cahaya , sedangkan untuk makhluk hidup yang berada di air ialah kadar garam , kadar oksigen , kedalaman air , dan intensitas cahaya .

Adaptasi pada makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam , yaitu sebagai berikut :

1. Adaptasi Morfologi 
Adaptasi morfologi yaitu penyesuaian bentuk dan struktur tubuh makhluk hidup sesuai dengan lingkungannya . Contoh adaptasi morfologi , yaitu sebagai berikut : 
a. Bentuk paruh burung dan tipe mulut disesuaikan dengan jenis makanannya .
b. Bentuk kaki pada burung sesuai dengan cara hidupnya , dibedakan menjadi tipe perenang , pemanjat , petengger , pengais , pejalan , dan pencengkeram . 
c. Bentuk daun pada tumbuhan sesuai dengan habitatnya adalah sebagai berikut :
  1. Xerofit , yaitu tumbuhan yang hidup di daerah kurang air atau gurun . 
  2. Hidrofit , yaitu tumbuhan yang hidup pada lingkungan air . 
  3. Higrofit , yaitu tumbuhan yang hidup di lingkungan lembap . 

d. Bentuk gigi pada omnivora , herbivora , dan karnivora sesuai dengan jenis makanannya .
e. Warna bulu atau rambut sesuai dengan habitatnya . 
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjb3vXK4_3RAhUGoJQKHZtmAP0QjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.kitapunya.net%2F2015%2F07%2Fadaptasi-morfologi-fisiologi-dan.html&psig=AFQjCNFOm8FkI3Im_9ymIX_CWSKCLOvwRg&ust=1486547832895989

2. Adaptasi Fisiologi 
Adaptasi fisiologi , yaitu adaptasi yang berkaitan dengan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan fungsi kerja alat tubuh , sehingga tidak mudah diamati , contoh adaptasi fisiologi , yaitu sebagai berikut : 
a. Terdapat enzim selulase pada pencernaan hewan herbivora  yang berguna dalam membantu mencerna selulosa menjadi senyawa yang lebih sederhana . 
b. Memiliki kelenjar madu pada bagian dasar bunga untuk menarik hewan penyerbuk pada tumbuhan berbunga . 
c. Pada orang yang hidup di daratan tinggi memiliki jumlah eritrosit yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang hidup di dataran rendah . 
d. Pengaturan tekan omosis pada ikan air tawar dan laut . 

3. Adaptasi Tingkah Laku 
Adaptasi tingkah laku , yaitu penyesuaian diri makhluk hidup terhadap perubahan lingkungan dalam bentuk tingkah laku . Contoh adaptasi tingkah laku yaitu sebagai berikut : 
a. Mimikri pada bunglon dan serangga . 
b. Autotomi pada cicak . 
c. Rayap dewasa memakan kembali kulitnya yang terkelupas untuk mendapatkan flagelata . 
d. Daun jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan . 
e. Kerbau berkubang di siang hari yang panas untuk mengurangi panas badannya . 
f. Keladi meneteskan air untuk mengurangi kelebihan air . 





Demikianlah Artikel Adaptasi Makhluk Hidup

Sekianlah artikel Adaptasi Makhluk Hidup kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Adaptasi Makhluk Hidup dengan alamat link https://copiex.blogspot.com/2017/02/adaptasi-makhluk-hidup.html

0 Response to " Adaptasi Makhluk Hidup "

Posting Komentar